Sabtu, 07 Januari 2012

Bahaya Mie Instan

Akhir bulan, dompet udah tipis, tapi gajian masih seminggu lagi.... Hidup sendiri di kota orang dengan hanya mengandalkan gaji bulanan... Dan kalo sudah tanggal segini pelarian buat mengganjal perut adalah mie instan,, -mengenaskan-red
Iseng-iseng googling tentang bahaya mie instan...
Dan...
Ternyata begitu bahaya makanan pengganjal perut saat akhir bulan ini... :hikz:
Berikut beberapa bahaya konsumsi mie instan :
1. Mengandung pengawet
Yang namanya makanan kemasan dan mempunyai tanggal kadaluarsa, pasti mengandung pengawet. Bahan pengawet yang digunakan sebenarnya aman dikonsumsi asalkan sesuai dengan standart yang ditetapkan oleh departemen kesehatan. Tapi bahan pengawet ini juga tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh, alias mengendap. Hal inilah yang kemudian memicu berkembangnya sel kanker.

2. Mengandung lilin (wax)
Selain mengandung banyak bahan pengawet, mie juga memakai lilin sebagai pelapis gulungan mie agar tidak lengket satu sama lain. Bahan pelapis ini, akan sulit dicerna oleh tubuh, dan apabila terakumulasi cukup lama dapat menyebabkan tumbuhnya parasit dalam tubuh. Oleh karena itu dalam mengkonsumsi makanan instan ini sebaiknya jangan tiap hari apalagi 3xsehari, berikan waktu bagi tubuh untuk membersihkan lapisan lilin ini. Beri jeda 3 hari baru mengkonsumsi mie intsan lagi.
Selain itu cara memasak juga dapat mengurangi jumlah lilin yag masuk dalam tubuh kita,
caranya adalah : dengan membuang air rebusan mie dan menggantinya dengan air yang baru, karena air rebusan mie yang berwarna kuning katanya mengandung lapisan lilin.

3. Bumbunya mengandung MSG dan minyaknya adalah minyak jenuh.
Sudah banyak artikel yang membahas bahaya MSG (Monosodium Glutamate), antar lain dapat menyababkan alergi pada beberapa orang berupa gatal-gatal, ruam kulit, pusing, sesak napas dan keringat dingin.
Sedangkan minyak yang digunakan dalam penyadap mie adalah minyak jenuh yang dapat menyababkan kolesterol.


Hmmm... ternyata ngerijuga ni makan mie tiap hari.....
hehehehehe.... 
Dan alangkah bijaknya bila mengkonsumsi mie instan ini ditambah dengan bahan-bahan lain yang bergizi seperti telur dan sayuran....

1 komentar:

  1. Mamaz yg pertama ea ^^
    Kalo kepepet kondisi menerai gmn synk yg pd akhrnya jalan keluarnya y mie instan itu :-D
    Selain harga murah jg enak og :-P

    BalasHapus